Kolom

Mereka, Orang-Orang Setia Berada Di Garis Depan

oleh : Dody Pratama Ali

Memilih profesi dalam dunia Pers atau menjadi seorang jurnalis (wartawan, wartawati) bukanlah perkara yang mudah. Karena kadangkala tugas dan fungsinya disepelekan, sering mendapat hujatan, intimidasi ataupun intervensi saat sedang menjalankan tugasnya.

Tapi, siapa yang bisa menyangkal fakta dan sebuah kebenaran bahwa jurnalis beserta produk jurnalistiknya memiliki andil dan peran yang sangat besar terhadap berbagai isu lokal, nasional, maupun internasional, baik dalam bingkai Negara Indonesia ini, bahkan Dunia.

Dari serangkaian rekam jejak dan perjuangannya sejak dahulu yang selalu menunaikan tugas dan tanggungjawabnya ikhlas dan tuntas, para jurnalis itu dengan bangga saya sebut sebagai “orang-orang yang selalu berada di garis depan”. Dengan beragam peran dalam angel di masa-masa sulit Negara Indonesia hingga mampu membuat sorot mata dunia menengadah ke bangsa kita tercinta ini.

Mari kita lihat bagaimana peran jurnalis dan produk jurnalistik mereka saat berhasil mewartakan dan menginformasikan kepada masyarakat dan para pejuang Indonesia ketika Jepang menyerah kepada pihak sekutu setelah peristiwa pengeboman Kota Nagasaki dan Hiroshima pada 1945.

Tidak hanya sampai disitu, para jurnalis melalui siaran media elektronik dan surat kabar melanjutkan perjuangan mereka saat mengabarkan kepada masyarakat diseluruh penjuru Negara Indonesia bahkan Dunia disaat para pejuang bersama dua Proklamator Bangsa (Sukarno dan Mohamad Hatta) memproklamirkan Kemerdekaan Negara Indonesia pada 17 Agustus Tahun 1945.

Berikutnya, mari kita lihat saat Dunia dibuat tercengang dengan berita di surat kabar, radio mengenai serangan umum 1 Maret 1949 yang menegaskan jika TNI beserta seluruh pejuang Indonesia masih ada. Dalam sejarah, peristiwa ini juga memiliki implikasi internasional yang luas karena berhasil meyakinkan PBB untuk menggelar Konferensi Meja Bundar (KMB) pada bulan Desember 1949 di Den Haag, yang akhirnya melahirkan kesepakatan berupa pengakuan kedaulatan RI oleh Belanda.

Masih banyak lagi peran para jurnalis dan media dalam perjalanan tonggak sejarah Dunia maupun Negara Indonesia, berbagai peristiwa penting nyaris tidak ada satu pun di Tanah Air dan Dunia yang terlewat dari catatan dan rekam jejak produk jurnalistik, semuanya terbingkai rapi dalam sebuah narasi.

“Maka, semakin kesini miris rasanya jika Jurnalis atau Pers yang selalu disebut dan dielu-elukan menjadi pilar keempat Demokrasi kadangkala disepelekan perannya hingga sering dipandang sebelah mata.”

Percaya atau tidak, mau sampai kapanpun peran pers akan selalu diperlukan dan yang paling utama, mereka yang akan berada di garis terdepan dalam persoalan pemberian, pengolahan informasi apapun sebagaimana wujud dari fungsi dan tugas sejati mereka.

Mereka adalah manusia merdeka, mereka adalah manusia penuh cita dan cinta dalam setiap goresan pena dan tulisannya, mereka adalah manusia yang siap mengorbankan waktu, hingga nyawa untuk sebuah informasi berharga bagi masyarakat dan bangsa.

Admin

Recent Posts

Aleg Pohuwato Terpilih Mulai Masuk Gedung Parlemen

Autentik.id, Legislatif - Sejumlah Anggota Legislatif ( Aleg ) terpilih di Pileg 2024 kemarin, mulai…

8 jam ago

KPU : Tidak Ada Jalur Perseorangan di Pilgub Gorontalo 2024

Autentik.id, Pemilu - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo secara resmi menutup penyerahan dukungan minimal…

15 jam ago

Duet Arifin Abubakar – Amran Anjulangi Kandas Sebelum Bertarung

Autentik.id, Pemilu - Duet dr. Arifin Abubakar - Amran Anjulangi akhirnya kandas sebelum mendaftarkan diri…

1 hari ago

Kembali “Jajal” Arena Pohuwato, Ibo Bakal Gandeng Suharsi?

Autentik.id, Politik - Meski sempat keok dalam pertarungan Pilkada Pohuwato di tahun 2020, dan Pileg…

2 hari ago

Nasir Mulai Bersinar Di Popayato, Warga : Murni Inisiasi Masyarakat

Autentik.id, Daerah - Bersinar Cup akhirnya dimulai, ditandai dengan dibukanya turnamen sepak bola oleh Ketua…

4 hari ago

LKPJ Akhir Massa Jabatan Saipul-Suharsi, DPRD Dorong Optimalkan PAD

Autentik.id, Legislatif - DPRD Pohuwato menggelar Rapat Paripurna ke-58 dengan agenda penyampaian rekomendasi atas Laporan…

7 hari ago

This website uses cookies.